Sejarah Email Pengertian dan Perkembangan Email Dunia

Pengertian Email - Email berasal dari bahasa inggris yang merupakan singkatan dari elektronik mail, dalam bahasa indonesia dapat diartikan sebagai surat elektronik. akronim lain yang sering digunakan untuk menyebut surat elektronik adalah ratel, ratron, surel, surat-e, atau pos elektronik, atau imel. Pengertian email disini merujuk pada sarana mengirim dan menerima surat melalui jalur jaringan komputer (Internet).

Secara umum email adalah pesan yang dikirim secara elektronik, namun secara khusus definisi email menurut penggunaannya terbagi atas 3 jenis email yaitu :


Email Pemasaran / Marketing Email

Definisi Email Marketing – Email Pemasaran / Marketing Email (biasanya dikirim secara Massal) yaitu berisi tentang produk dan atau promosi dengan tujuan agar penerima email tertarik untuk membeli sesuatu atau memesan suatu layanan. Contoh umum email marketing adalah newsflash dan newslatter.


Email Pemberitahuan / notification email

Definisi notification email - Email pemberitahuan berisikan peringatan atau berita yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui sebuah kabar atau suatu acara tertentu (atau yang telah terjadi). Lebih umum, email pemberitahuan dapat digunakan untuk merayakan dan / atau menandai suatu peristiwa. Contoh umum dari email pemberitahuan : email notifikasi ulang Tahun


Email Transaksional / Transactional email

Definisi transactional email – Email transaksional adalah email yang berisi pesan yang informatif tentang detail sebuah transaksi atau sebuah topik antara dua pihak atau lebih yang dilakukan secara intensif. Contoh email transaksional : konfirmasi pengiriman pesanan barang dll


Sejarah Email


Konsep email pertama kali dikemukakan oleh Ray Tomlinson pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson pada saat itu bekerja untuk Bolt Beranek and Newman "BBN" milik lembaga pertahanan Amerika. Pada awalnya" Ray bereksperimen dengan program komputer yang bernama SNDMSG yang pada saat itu digunakan untuk meninggalkan pesan pada komputer, sehingga orang yang memakai komputer dapat membaca pesan yang ditinggalkan oleh pemakai komputer "saat itu normal kteika banyak orang menggunakan komputer yang sama secara bergantian".





Pengertian Email


Eksperimen Ray kemudian dilanjutkan dengan mengirimkan menghubungkan SNDMSG melalui file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG dapat mengirimkan pesan ke komputer lain" namun masih berada dalam satu jaringan ARPAnet. Eksperimen tersebut berhasil dan Itulah awal terciptanya email.

Pesan email pertama kali yang dikirim oleh Ray pada 1971 merupakan email pertama di dunia. Isi Pesanberupa "kata kata tes" sepenuhnya dilupakan, Kemungkinan pesan pertama yang dikirimkannya adalah QWERTYUIOP atau huruf serupa," kata Ray dalam akun Flickr miliknya.

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan lambang @ "Indonesia dibaca ET" sebagai identitas email untuk memisahkan antara Identitas pengguna dengan domain. @ "bahasa inggris ditulis AT" artinya adalah Kepada.




Metode Mengirim Email

Untuk mengirim surat elektronik kita harus memiliki alamat email terlebih dahulu. Surat elektronik yang kita kirim melalui webmail client akan melewati beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai saat surat elektronik / email dikirim via Internet (browser) kemudian sampai ke server penyedia email penerima sehingga surat elektronik / email dibaca si penerima. Terlihat surat elektronik yang kita kirim hanya melalui 2 poin, Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan webmail server, maka email itu akan melalui banyak server lainnya.

karena email yang dikirim tersebut harus melalui banyak server sebelum diterima oleh penerima email, maka tidak tertutup kemungkinan surat elektronik / email yang kita kirim disadap oleh orang lain karena terkait dengan keamanam masing masing jalur server . Olehkarenanya bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif lebih baik kita melakukan tindakan pencegahan untuk berjaga jaga dengan cara mengacak (mengenkripsi), dan memberikan password data dalam surat elektronik tersebut.


Cara Mengakses Email

Dengan menggunakan web browser seperti google chrome, Mozilla Firefox, microsoft edge, internet explorer maupun opera browser. Metode ini disebut sebagai web based, artinya kita menggunakan media website sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh webmail server : Yahoo Mail, Outlook.com, Hotmail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan terhubung dengan internet. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.

Menggunakan program surat elektronik yang kita install pada komputer kita sendiri (disebut sebagai mail client software), contohnya : Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, dan lain lain. Dengan menggunakan program mail client ini, pengguna harus sudah mengetahui konfigurasi yang diberikan oleh web mail server. Keuntungan menggunakan mail client software adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet, cukup online beberapa menit dan puluhan surat elektronik akan diunduh oleh program mail client yang kita pasang pada komputer, dan juga email dapat diterima dan dikirim secara bersama-sama sekaligus, dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.


Etika Email

Etika dalam mengirim email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada email yang isinya formal ada juga yang informal. Beberapa poin penting dalam menulis email diantaranya adalah :

Jangan mengirimkan email dengan lampiran yang besar (lebih dari 10 MB), karena tidak semua orang memiliki akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan attachment tersebut melebihi kapasitas yang disediakan oleh webmailserver penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima.

Jangan mengirim forward email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang menerima, Selalu isi kolom subjek jangan anda biarkan kosong agar penerima bisa mengira ngira isi email tersebut. Dalam membalas email yang dikirim, kutip pada bagian yang ingin kita tanggapi saja, agar lebih jelas. Gunakan kata yang santun dalam menulis email. Adakalanya pesan yang kita tulis akan menimbulkan kesan berbeda dengan maksud kita yang sebenarnya.

Apabila masih ada yang ingin anda tanyakan seputar pengertian email beserta definisi dan sejarah email, silahkan anda tulis dalam kolom komentar yang telah disediakan dibawah artikel pengertian email ini.
Last Update:


Website tutorial email membahas segala topik terkait email, termasuk daftar email baru, layanan email gratis, cara menulis email, mengirim email resmi, mengirim email lamaran kerja disertai lampiran file dll